Minggu, 02 Oktober 2016

Sejarah Perkembangan Sistem atau Teknologi Informasi dan Perkembangan Perangkat Keras & Lunak



I.              Sejarah Perkembangan Sistem atau Teknologi Informasi 


      A.   Sejarah Teknologi Informasi
  
    Sejarah Teknologi mempunyai sejarah yang sudah berumur berabad-abad. Teknologi Informasi pada zaman sekarang sudah lebih canggih atau bagus dari Teknologi pada zaman dahulu.

1. Masa Prasejarah
Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
Dibawah ini tahun-tahun Masa Prasejarah, sebagai berikut:
·         3000 SM



                                                                Piktografi

    Pada pertama kali tulisan ini (Piktografi) digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari Piktografi sebagai huruf.

·         2900 SM

                                                                       Hieroglif

    Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf Hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda.

·         500 SM

                                                                    Serat Papyrus

    Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel.

·         105 M

                                         Kertas yang ditemukan Bangsa Cina


    Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Pada zaman modern ini kertas banyak sekali maca-macamnya.

2.  Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)

   a.      Tahun 1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

  b.     Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.

c c.       Tahun 1837



                                    Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)

   Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. 

   d.      Tahun 1877
  Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal ke semua pelanggan.

e e.       Tahun 1889





                                                              Kartu Perforasi


    Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan Sensus Amerika Serikat. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Biasanya untuk mengitung sensus penduduk atau memasukkan data sensus pertama kali dengan menggunakan Kartu Perforasi ini.

f. Tahun 1931
    Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.

g. Tahun 1939
    Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih.

i. Tahun 1991 – Sekarang
    Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN.

    Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).

    Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.

    Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.


             B.  Perkembangan Komputer

Berdasarkan Perkembangan Komputer dapat di kelompokan menjadi 5 generasi yaitu :

1. KOMPUTER GENERASI PERTAMA ( 1946-1959 )



     Komputer pada generasi pertama komponen elektroniknya terbuat dari TABUNG HAMPA dan program Komputer di buat dalam Bahasa Mesin. Komputer pada generasi pertama memiliki sifat sebagai berikut : ukurannya besar dan memakan tempat, memperlukan banyak pendingin, proses lambat, kapasitas menyimpan data kecil.

2. KOMPUTER GENERASI KEDUA ( 1959-1964 )

 

   Komputer pada generasi kedua komponen elektroniknya terbuat dari TRANSISTOR. Program Komputer yang ada pada generasi ini dibuat dalam bahasa ASSEMBLY, ALGOL dan COBOL. Komputer pada generasi kedua memiliki sifat sebagai berikut : Ukurannya lebih kecil, tidak banyak mengeluarkan panas, prosesnya lebih cepat, dan kapasitas penyimpanan data lebih besar.

3. KOMPUTER GENERASI KETIGA
( 1964-1970 )



    Komputer pada generasi ketiga komponen elektroniknya terbuat dari intregrated Circuit ( IC ) Komputer pada generasi ini di buat dalam bahasa tingkat tinggi yaitu : BASIC, PASCAL, COBOL.
    Komputer ini memiliki sifat sifat sebagai berikut : Ukurannya lebih kecil dari generasi sebelumnya, Proses sangat cepat, kapasitas untuk menyimpan data lebih besar, sudah menerapkan multi processing.

4. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1979-sekarang)


     Komputer generasi keempat komponen elektroniknya terbuat dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI ( Very Large Scale Integration ). program Komputer pada generasi ini di buat dalam bahasa tingkat tinggi yaitu : BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL.
     Komputer pada generasi keempat memiliki sifat sebagai berikut : ukurannya relative lebih kecil, prosesnya sangat cepat, kapasitas penyimpanan data jauh lebih besar dari pada generasi sebelumnya, dan mengenal Database Management ( DBMS ).

5. KOMPUTER GENERASI KELIMA ( sampai sekarang dan masih terjadi )














     Komputer pada generasi kelima komponen elektroniknya terbuat dari chip VLSI dan program Komputer pada generasi ini dibuat dalam bahasa PROLOG (programing Logic) dan LISP (list processor).
     Komputer pada generasi kelima memiliki sifat-sifat sebagai berikut ; dapat menerjemahkan dari suatu bahasa kebahasa lain, untuk memecahkan masalah, dapat mengolah gambar-gambar dan grafik, dan masih banyak kemampuan lainnya.



    C.  Perangkat Komputer

Diantaranya beberapa Perangkat Komputer, sebagai berikut:

1.  CPU (Central Processing Unit)



     CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sebagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.

2. Printer

Printer berfungsi untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.

3. Scanner

   Scanner ini seperti mesin fotocopy berfungsi untuk mengkopy data objek  dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.

4. Mouse

     Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.

5. Monitor

     Monitor ini mempunyai fungsi sebagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.



     D. Pemanfaatan Sistem/TI

Manfaat Sistem/TI untuk Kehidupan Sehari Hari



      Dalam kehidupan sehari-hari Sistem/TI memang memegang peranan penting tidak mengenal batasan usia, TI menjadi suatu hal yang harus dan menjadi kebutuhan pokok semua individu. Sistem/TI menjadi bahan utama dalam berbagai kegiatan apapun seperti perkuliahan, belajar mengajar, dan kegiatan lainnya. Pemanfaatan Teknologi Informasi(TI) menurut saya sangat bermanfaat sekali, kalau tidak ada Teknologi dunia ini tidak akan maju atau secanggih ini. Kalau kita buta atau tidak tahu Teknologi maka kita akan ketinggalan zaman, dan tidak bisa memanfatkannya. Berikut adalah berbagai manfaat TI untuk kehidupan sehari-hari yang kita perlukan atau yang kita alami sendiri.
  1. Menambah ilmu pengetahuan.
  2. Mempermudah mengerjakan tugas sehari hari.
  3. Lebih praktis
  4. Menambah teman dari Sosial Media(SosMed)
  5. Mendapatkan informasi secara mudah dan gampang.
Dalam perkembangannya TI juga berguna dalam kehidupan sehari hari untuk membuat orang lebih makmur dan mendapatkan manfaat lain yang lebih berarti.              



II.              Perkembangan Perangkat Keras & Perangkat Lunak

A.   Pemahaman Komponen Perangkat Keras
      Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Dibawah ini Unit-Unit dalam Komponen Perangkat Keras, sebagai berikut:

·        Input
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC).
Diantara nya Perangkat Keras(Hardware) dari Unit Input, sebagai berikut:

Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

b. Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Perangkat mouse, Mouse Wireless

c. Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch Pad Touch Pad Track Ball

·        Proses
Unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan.
Berikut akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat Unit Pemprosesan, sebagai berikut:

Power Supplay

Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kualitas kinerja komputer.


RAM (Random Access Memory) – Memory


RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda


·        Kontrol
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau Kontrol antara lain:

Modem

pengertian Modulator atau Modem adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu (seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog

kartu suara

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer.

·        Penyimpanan

Unit Penyimpanan atau Storage Device
Storage atau biasa juga disebut memori adalah suatu tempat penyimpanan atau penapungan data dan program ataupun yang lainnya.
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit Penyimpana atau Storage antara lain:

Hardisk



Hardisk adalah media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini hardisk dapat meyimpan data sampai 400gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran hardisk menentukan kecepatan akses ke setiap data.

DVD




DVD (Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannnya sama besar. DVD mempunyai kualitas penyimpanan yang sangat baik. Oleh karena itu DVD biasanya digunakan untuk menyimpan film.

Disket



Disket digunakan menyimpan data sebagaimana halnya hardisk. Perbedaan disket hanya mampu menyimpan data sampai 1.4 MB. Kelebihannya, disket digunakan untuk menyimpan dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.

·        Output
Unit keluaran ATAU Output Device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yang sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena  akan memberikan hasil yang diinginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media.
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam Unit Output atau Keluaran, Sebagai berikut :

Kartu grafis (unit keluaran)




Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer.


Printer



Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
 

Speaker

Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.




B.    Pemahaman Komponen Perangkat Lunak

·        Evolusi Perangkat Lunak
Setelah kita membahas rekayasa perangkat lunak, kita sedikit mundur, untuk membahas evolusi perangkat lunak.  Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :

Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.

Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.  Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan.  Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.

Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lunak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun  1970 sampai awal tahun 1990.  Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.  Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat.
Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.  Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.

Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi. 
TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.  Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).

 Klasifikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu :

1.       Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :

  Ø  Bahasa pemrograman : Perangkat Lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN, dan lain sebagainya.
                 C/C++




  Ø  Sistem Operasi : Saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian. contoh Sistem Operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7, dan lain sebagainya.


                                                     Gambar Sistem Operasi Windows

   Ø  Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contohnya adalah Norton Utility.


2      Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang, baik pada system operasi berbasis text maupun pada system operasi berbasis Grafis (GUI).

   Ø Aplikasi Office
Ms. Office merupakan suatu paket software yang digunakan untuk perkantoran yang dibuat oleh Microsoft. Software pada MS. Office ini dijalankan dengan sistem oeprasi Windows dan juga Mac OS X.

1. Microsoft Word


Saah satu aplikasi yang terdapat pada Ms. Office yaitu Ms. Word adalah aplikasi yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Aplikasi ini diterbitkan pada tahun 1983 dengan berbagai versi dan hingga saat ini sudah ada versi Ms. Word 2010 yang lebih canggih dan lebih nyaman digunakan. Melalui aplikasi ini kita bisa menulis berbagai hal, surat, dokumen, buku dan lainnya.


2. Microsoft Excel



Selain Ms. Word di atas, aplikasi yang terkenal dari Ms. Office adalah MS. Excel. Aplikasi ini digunakan untuk pengolahan data berupa angka dan sangat membantu akuntan, administrasi ataupun untuk perusahaan yang membutuhkan pengolahan angka. Melalui aplikasi ini perkantoran bisa dengan mudah menyusun laporan keuangan maupun laporan pengolahan aritmatika lainnya.


3. Microsoft Office Power Point




Aplikasi Power Point digunakan untuk presentasi, aplikasi ini bisa dijalankan dengan OS Windows dan Apple Mac. Power Point pada MS. Office ini sering digunakan untuk presentasi pendidik, pelajar, trainer ataupun manager perusahaan.


4. Microsoft Office Outlook
Program lainnya dari Ms. Office adalah Ms. Outlook, program ini digunakan untuk pengiriman dan membaca surat elektronik. Ms. Outlook menyediakan kalender, kotak surat dan juga jadwal bersama.

> Aplikasi Multimedia
      Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya. Perangkat lunak multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Bahasa Pemrograman Multimedia

Merupakan media bahasa yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
– Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
Dapat digunakan untuk membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun Nemesis)
– Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)

Contoh lainnya adalah : Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java, dll

2. Perangkat Lunak System Multimedia
Terdiri dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah suatu system yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang banyak digunakan, yaitu sebagai berikut :
– DOS (Disk Operating System)
– Windows 95 / 98 / 2000
– Windows NT / XP
– Linux


3.     Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
    Merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image / gambar, audio grafik, video, dll. Dilihat dari fungsi perangkat lunak multimedia terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi multimedia, untuk lebih jelasnya dapat dilihat seperti di bawah ini :
– Media Player
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar informasi yang telah disimpan dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat dengan langsung untuk memutar file bentuk audio ataupun video tersebut. Beberapa jenis dari aplikasi media player ini antara lain :
a. Windows Media Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
b. Winamp, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Nullsoft Inc.
c. PowerDVD, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Cyberlink.
d. Musicmatch JukeBox, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Musicmatch Inc.
e. Real Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Real Network.

– Audio / Video Editor
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk mengedit ataupun memanipulasi informasi dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi-aplikasi jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi seperti : proses pemotongan, penggabungan, konversi, maupun manipulasi kualitas. Beberapa jenis dari aplikasi audio / video editor ini antara lain :
a. Adobe Premiere, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems.
b. Windows Movie Maker, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
c. Pinnacle Studio, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Pinnacle Systems.

– Graphic / Image Editor
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menulis, menggambar, mengedit ataupun untuk memanipulasi gambar secara interaktif pada sistem komputer. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan fungsi editing mulai dari fungsi yang sederhana hingga kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa jenis dari aplikasi image editor ini antara lain :
a. Adobe Photoshop, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems.
b. Corel Draw, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Corel Corporation.

c. Paint, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Windows.
d. GIMP, aplikasi open source yang diproduksi oleh GNU General Public License.

– Animasi
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk membuat, mengedit ataupun untuk memanipulasi animasi secara interaktif pada sistem komputer. Animasi adalah gambar bergerak ataupun video dengan konten gambar yang fiktif seperti kartun dan gambar tidak rill. Beberapa jenis dari aplikasi animasi ini antara lain :
a. Macromedia Flash, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Macromedia Inc.
b. Houdini Animation Software, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Side Effect Software.


c. Power Animator, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

– Graphic 3D
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menmbuat, mengedit ataupun untuk memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3D. Gambar 3D merupakan representasi dari sebuah gambar di dalam geometri 3D (x, y, z). Beberapa jenis dari aplikasi graphic 3D ini antara lain :
a. 3D studio max, aplikasi komersial yang diproduksi oleh AutoDesk Media & Entertainment.
b. Maya, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

   Ø Aplikasi Internet
Internet mengacu pada istilah untuk menyebut sebuah jaringan dan bukannya suatu aplikasi terntentu oleh karena itu internet tidak mempunyai manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industry, dan masih banyak lainnya.
 Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa contoh aplikasi yang sering dimanfaatkan oleh pengguna internet antara lain:

WWW (World Wide Web)



Istilah singkatnya adalah W3 (three doubleyou). WWW atau web adalah sebuah sistem di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet  webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext.              
      WWW merupakan dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia.Format WWW adalah hypertext dan hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).


2      E-Mail


E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.

3      Mozzila FireFox




oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Firefox merupakan salah satu Browser yang terpopuler saat ini Selain IE.

4    Internet Explorer (ie)


Internet Explorer pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for Windows 95 in 1995. untuk Windows 95 pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh Microsof.  Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8.

5      Opera

Opera adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Jika firefox punya Add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
Opera versi  terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite, memungkinkan Anda untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, foto, dan banyak lagi hal lainnya  langsung dari browser.

6.      Google Crome
Google Chrome adalah sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan publik adalah rilis stabil pada 11 Desember 2008.

Sumber :
http://melekteknoup.blogspot.co.id/2014/12/sejarah-perkembangan-komputer-dari-masa.html

http://blog.dimensidata.com/macam-macam-dan-kegunaan-serta-fungsi-microsoft-office/
http://www.diwarta.com/2012/03/13/pengertian-aplikasi-internet-dan-contoh-aplikasinya.html

Sekian yang dapat Saya  Rangkum dan saya sampaikan, Semoga bermanfaat bagi kalian. WASSALAM ;))))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar