I. Sejarah Perkembangan Sistem atau
Teknologi Informasi
A. Sejarah
Teknologi Informasi
Sejarah Teknologi mempunyai sejarah yang sudah
berumur berabad-abad. Teknologi Informasi pada zaman sekarang sudah lebih
canggih atau bagus dari Teknologi pada zaman dahulu.
1. Masa Prasejarah
Pada
zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan
bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang,
dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
Dibawah
ini tahun-tahun Masa Prasejarah, sebagai berikut:
Piktografi
Pada pertama kali tulisan ini (Piktografi)
digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk
dari Piktografi sebagai huruf.
·
2900
SM
Hieroglif
Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan
huruf Hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap
ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut
digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang
berbeda.
·
500 SM
Serat Papyrus
Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara
membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai
kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk
menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel.
·
105
M
Kertas yang ditemukan Bangsa Cina
Pada masa ini, bangsa Cina berhasil
menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas
yang kita kenal sekarang. Pada zaman modern ini kertas banyak sekali
maca-macamnya.
2. Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
a.
Tahun 1455
Pada
1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak
dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti
dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b. Tahun 1830
Augusta
Lady Byron menulis program
komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage
menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan
data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin
ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara
kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
Telegraf
dan Penemunya (Samuel Morse)
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa
kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone.
Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin
dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal.
d.
Tahun
1877
Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan
telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem
pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem
pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal ke semua
pelanggan.
Kartu Perforasi
Pada 1889, Herman Hollerith
menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas
pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan Sensus
Amerika Serikat. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data
sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Biasanya untuk
mengitung sensus penduduk atau memasukkan data sensus pertama kali dengan
menggunakan Kartu Perforasi ini.
f.
Tahun 1931
Pada 1931, Vannevar Bush membuat
sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut
sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk
melakukan perhitungan.
g.
Tahun 1939
Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan
dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik
digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga
menjadi semakin canggih.
i.
Tahun 1991 – Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali
terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk
menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas
internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN.
Pada 1993, NSF membentuk InterNIC
untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan
data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network
Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).
Pada 1994, pertumbuhan internet melaju
dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia
dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.
Pada 1995, perusahaan umum mulai
diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone.
Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan
penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
B. Perkembangan Komputer
Berdasarkan Perkembangan Komputer dapat
di kelompokan menjadi 5 generasi yaitu :
1. KOMPUTER GENERASI PERTAMA ( 1946-1959 )
Komputer pada generasi pertama komponen elektroniknya terbuat dari TABUNG HAMPA dan program Komputer di buat dalam Bahasa Mesin. Komputer pada generasi pertama memiliki sifat sebagai berikut : ukurannya besar dan memakan tempat, memperlukan banyak pendingin, proses lambat, kapasitas menyimpan data kecil.
2. KOMPUTER GENERASI KEDUA ( 1959-1964 )
Komputer pada generasi kedua komponen
elektroniknya terbuat dari TRANSISTOR.
Program Komputer yang ada pada generasi ini dibuat dalam bahasa ASSEMBLY, ALGOL
dan COBOL. Komputer pada generasi kedua memiliki sifat sebagai berikut :
Ukurannya lebih kecil, tidak banyak mengeluarkan panas, prosesnya lebih cepat,
dan kapasitas penyimpanan data lebih besar.
3. KOMPUTER GENERASI KETIGA ( 1964-1970 )
3. KOMPUTER GENERASI KETIGA ( 1964-1970 )
Komputer pada generasi ketiga komponen elektroniknya terbuat dari intregrated Circuit ( IC ) Komputer pada generasi ini di buat dalam bahasa tingkat tinggi yaitu : BASIC, PASCAL, COBOL.
Komputer ini memiliki sifat sifat sebagai berikut : Ukurannya lebih kecil dari generasi sebelumnya, Proses sangat cepat, kapasitas untuk menyimpan data lebih besar, sudah menerapkan multi processing.
4. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1979-sekarang)
Komputer generasi keempat komponen elektroniknya terbuat dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI ( Very Large Scale Integration ). program Komputer pada generasi ini di buat dalam bahasa tingkat tinggi yaitu : BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL.
Komputer pada generasi keempat memiliki sifat sebagai berikut : ukurannya relative lebih kecil, prosesnya sangat cepat, kapasitas penyimpanan data jauh lebih besar dari pada generasi sebelumnya, dan mengenal Database Management ( DBMS ).
5. KOMPUTER GENERASI KELIMA ( sampai sekarang dan masih terjadi )
Komputer pada generasi kelima komponen elektroniknya terbuat dari chip VLSI dan program Komputer pada generasi ini dibuat dalam bahasa PROLOG (programing Logic) dan LISP (list processor).
Komputer pada generasi kelima memiliki sifat-sifat sebagai berikut ; dapat menerjemahkan dari suatu bahasa kebahasa lain, untuk memecahkan masalah, dapat mengolah gambar-gambar dan grafik, dan masih banyak kemampuan lainnya.
C. Perangkat Komputer
Diantaranya
beberapa Perangkat Komputer, sebagai berikut:
CPU berfungsi sebagai pengendali
proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sebagai tempat mengatur semua
instruksi program pada komputer & sebagai pengelola semua aktivitas kinerja
di dalam komputer.
2. Printer
3. Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy berfungsi untuk mengkopy data objek dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.
4. Mouse
Monitor ini mempunyai fungsi sebagai alat output yaitu tempat untuk
mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang
dibutuhkan oleh pemakai komputer.
D. Pemanfaatan Sistem/TI
Manfaat Sistem/TI untuk Kehidupan Sehari Hari
Dalam kehidupan sehari-hari Sistem/TI
memang memegang peranan penting tidak mengenal batasan usia, TI menjadi suatu
hal yang harus dan menjadi kebutuhan pokok semua individu. Sistem/TI menjadi
bahan utama dalam berbagai kegiatan apapun seperti perkuliahan, belajar
mengajar, dan kegiatan lainnya. Pemanfaatan Teknologi Informasi(TI) menurut
saya sangat bermanfaat sekali, kalau tidak ada Teknologi dunia ini tidak akan
maju atau secanggih ini. Kalau kita buta atau tidak tahu Teknologi maka kita
akan ketinggalan zaman, dan tidak bisa memanfatkannya. Berikut adalah
berbagai manfaat TI untuk kehidupan sehari-hari yang kita perlukan
atau yang kita alami sendiri.
- Menambah ilmu pengetahuan.
- Mempermudah mengerjakan tugas sehari hari.
- Lebih praktis
- Menambah teman dari Sosial Media(SosMed)
- Mendapatkan informasi secara mudah dan gampang.
Dalam perkembangannya TI juga berguna dalam
kehidupan sehari hari untuk membuat orang lebih makmur dan mendapatkan manfaat
lain yang lebih berarti.
II.
Perkembangan
Perangkat Keras & Perangkat Lunak
A. Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Pengertian dari hardware atau dalam
bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah
satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi. Dibawah ini Unit-Unit dalam Komponen Perangkat Keras,
sebagai berikut:
·
Input
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC).
Diantara
nya Perangkat Keras(Hardware) dari Unit Input, sebagai berikut:
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Perangkat
mouse, Mouse Wireless
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
Touch Pad
Touch Pad Track Ball
·
Proses
Unit
ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat
keras masukan.
Berikut
akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat Unit
Pemprosesan, sebagai berikut:
Power
supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay
mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan
komputer. Kualitas power supplay menentukan kualitas kinerja komputer.
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian
Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer.
Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang
memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di
iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda
·
Kontrol
Contoh perangkat keras komputer yang
termasuk dalam unit tambahan atau Kontrol antara lain:
pengertian
Modulator atau Modem adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses
modulasi, yaitu proses data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal)
ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu
(seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Data dari
komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog
Kartu
suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai
pelengkap dari komputer.
·
Penyimpanan
Unit
Penyimpanan atau Storage Device
Storage
atau biasa juga disebut memori adalah suatu tempat penyimpanan atau penapungan
data dan program ataupun yang lainnya.
Contoh perangkat keras komputer yang
termasuk dalam unit Penyimpana atau Storage antara lain:
Hardisk adalah media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini hardisk dapat
meyimpan data sampai 400gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin
pesatnya kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran hardisk menentukan
kecepatan akses ke setiap data.
DVD
(Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila
dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannnya sama besar. DVD mempunyai kualitas
penyimpanan yang sangat baik. Oleh karena itu DVD biasanya digunakan untuk
menyimpan film.
Disket
digunakan menyimpan data sebagaimana halnya hardisk. Perbedaan disket hanya
mampu menyimpan data sampai 1.4 MB. Kelebihannya, disket digunakan untuk
menyimpan dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
·
Output
Unit
keluaran ATAU Output Device adalah perangkat-perangkat komputer untuk
menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini
merupakan alat yang sangat penting peranannya bagi pengguna komputer
karena akan memberikan hasil yang
diinginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media.
Contoh perangkat keras komputer yang
termasuk dalam Unit Output atau Keluaran, Sebagai berikut :
Kartu
grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan
dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari
rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU
pada komputer.
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi
untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada
media kertas atau yang sejenisnya.
Speaker
adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara)
dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
·
Evolusi
Perangkat Lunak
Setelah
kita membahas rekayasa perangkat lunak, kita sedikit mundur, untuk membahas
evolusi perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi
menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai
pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai
ciri-ciri berorientasi batch,
distribusi software
terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software
khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi
Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai
pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan
perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan
bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu
interkasi manusia dan komputer (Human
Computer Interaction).
Selain
itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real
time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat
mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber
kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan. Dalam
tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran
serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lunak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970
sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju
sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi,
sehingga penyampaian
informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat.
Dalam
era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.
Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian
suatu masalah sehingga penggunaan software
pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000.
Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat
keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh
suatu sistem operasi.
TIngkat
kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak
atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.
Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan,
sistem pakar dan logika fuzzy. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah
berorientasi obyek (OOP).
Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat
lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu :
1.
Perangkat
Lunak Sistem
Perangkat
lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
Ø Bahasa pemrograman : Perangkat Lunak
yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia
ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di
antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN, dan lain sebagainya.
Ø Sistem Operasi : Saat komputer
pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan,
sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur
proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke
peralatan yang bersesuaian. contoh Sistem Operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB
OS/2, Apple’s System 7, dan lain sebagainya.
Gambar Sistem Operasi Windows
Ø Utility : sistem operasi merupakan
perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya
pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang
rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag),
contohnya adalah Norton Utility.
2 Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan
bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang, baik
pada system operasi berbasis text maupun pada system operasi berbasis Grafis
(GUI).
Ø Aplikasi Office
Ms. Office merupakan suatu paket software yang
digunakan untuk perkantoran yang dibuat oleh Microsoft. Software pada MS.
Office ini dijalankan dengan sistem oeprasi Windows dan juga Mac OS X.
1.
Microsoft Word
Saah satu aplikasi yang terdapat pada Ms. Office yaitu Ms. Word adalah aplikasi yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Aplikasi ini diterbitkan pada tahun 1983 dengan berbagai versi dan hingga saat ini sudah ada versi Ms. Word 2010 yang lebih canggih dan lebih nyaman digunakan. Melalui aplikasi ini kita bisa menulis berbagai hal, surat, dokumen, buku dan lainnya.
Saah satu aplikasi yang terdapat pada Ms. Office yaitu Ms. Word adalah aplikasi yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Aplikasi ini diterbitkan pada tahun 1983 dengan berbagai versi dan hingga saat ini sudah ada versi Ms. Word 2010 yang lebih canggih dan lebih nyaman digunakan. Melalui aplikasi ini kita bisa menulis berbagai hal, surat, dokumen, buku dan lainnya.
2.
Microsoft Excel
Selain Ms. Word di atas, aplikasi yang terkenal dari Ms. Office adalah MS. Excel. Aplikasi ini digunakan untuk pengolahan data berupa angka dan sangat membantu akuntan, administrasi ataupun untuk perusahaan yang membutuhkan pengolahan angka. Melalui aplikasi ini perkantoran bisa dengan mudah menyusun laporan keuangan maupun laporan pengolahan aritmatika lainnya.
Selain Ms. Word di atas, aplikasi yang terkenal dari Ms. Office adalah MS. Excel. Aplikasi ini digunakan untuk pengolahan data berupa angka dan sangat membantu akuntan, administrasi ataupun untuk perusahaan yang membutuhkan pengolahan angka. Melalui aplikasi ini perkantoran bisa dengan mudah menyusun laporan keuangan maupun laporan pengolahan aritmatika lainnya.
3.
Microsoft Office Power Point
Aplikasi Power Point digunakan untuk presentasi, aplikasi ini bisa dijalankan dengan OS Windows dan Apple Mac. Power Point pada MS. Office ini sering digunakan untuk presentasi pendidik, pelajar, trainer ataupun manager perusahaan.
Aplikasi Power Point digunakan untuk presentasi, aplikasi ini bisa dijalankan dengan OS Windows dan Apple Mac. Power Point pada MS. Office ini sering digunakan untuk presentasi pendidik, pelajar, trainer ataupun manager perusahaan.
4.
Microsoft Office Outlook
Program lainnya dari Ms. Office adalah Ms. Outlook, program ini digunakan untuk pengiriman dan membaca surat elektronik. Ms. Outlook menyediakan kalender, kotak surat dan juga jadwal bersama.
Program lainnya dari Ms. Office adalah Ms. Outlook, program ini digunakan untuk pengiriman dan membaca surat elektronik. Ms. Outlook menyediakan kalender, kotak surat dan juga jadwal bersama.
> Aplikasi Multimedia
Perangkat
lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa
media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan
interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar
hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya. Perangkat
lunak multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1. Bahasa Pemrograman Multimedia
Merupakan
media bahasa yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan
instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman
multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
–
Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
Dapat
digunakan untuk membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun
Nemesis)
–
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)
Contoh
lainnya adalah : Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java, dll
2. Perangkat Lunak System Multimedia
Terdiri
dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah
suatu system yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk
mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang
banyak digunakan, yaitu sebagai berikut :
–
DOS (Disk Operating System)
–
Windows 95 / 98 / 2000
–
Windows NT / XP
–
Linux
3. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Merupakan perangkat lunak yang dapat
digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image / gambar,
audio grafik, video, dll. Dilihat dari fungsi perangkat lunak multimedia
terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi multimedia, untuk lebih jelasnya
dapat dilihat seperti di bawah ini :
–
Media Player
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar informasi yang
telah disimpan dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi ini merupakan
aplikasi yang dapat dengan langsung untuk memutar file bentuk audio ataupun
video tersebut. Beberapa jenis dari aplikasi media player ini antara lain :
a.
Windows Media Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
b.
Winamp, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Nullsoft Inc.
c.
PowerDVD, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Cyberlink.
d.
Musicmatch JukeBox, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Musicmatch Inc.
e.
Real Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Real Network.
–
Audio / Video Editor
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk mengedit ataupun
memanipulasi informasi dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi-aplikasi
jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi seperti : proses
pemotongan, penggabungan, konversi, maupun manipulasi kualitas. Beberapa jenis
dari aplikasi audio / video editor ini antara lain :
a.
Adobe Premiere, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems.
b.
Windows Movie Maker, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
c.
Pinnacle Studio, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Pinnacle Systems.
–
Graphic / Image Editor
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menulis, menggambar,
mengedit ataupun untuk memanipulasi gambar secara interaktif pada sistem
komputer. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan fungsi editing mulai
dari fungsi yang sederhana hingga kompleks. Terdapat dua jenis image yang
dihasilkan oleh image editor, yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa
jenis dari aplikasi image editor ini antara lain :
a.
Adobe Photoshop, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems.
b.
Corel Draw, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Corel Corporation.
c.
Paint, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Windows.
d.
GIMP, aplikasi open source yang diproduksi oleh GNU General Public License.
–
Animasi
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk membuat, mengedit ataupun
untuk memanipulasi animasi secara interaktif pada sistem komputer. Animasi
adalah gambar bergerak ataupun video dengan konten gambar yang fiktif seperti
kartun dan gambar tidak rill. Beberapa jenis dari aplikasi animasi ini antara
lain :
a.
Macromedia Flash, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Macromedia Inc.
b.
Houdini Animation Software, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Side Effect
Software.
c.
Power Animator, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Alias Systems
Corporation.
–
Graphic 3D
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menmbuat, mengedit ataupun
untuk memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3D. Gambar 3D merupakan
representasi dari sebuah gambar di dalam geometri 3D (x, y, z). Beberapa jenis
dari aplikasi graphic 3D ini antara lain :
a.
3D studio max, aplikasi komersial yang diproduksi oleh AutoDesk Media &
Entertainment.
b.
Maya, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
Ø Aplikasi Internet
Internet mengacu pada istilah untuk
menyebut sebuah jaringan dan bukannya suatu aplikasi terntentu oleh karena itu
internet tidak mempunyai manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Aplikasi-aplikasi internet ini
kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis,
media massa, periklanan, dan berbagai sektor industry, dan masih banyak
lainnya.
Internet menyediakan beragam aplikasi yang
dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa contoh aplikasi yang sering
dimanfaatkan oleh pengguna internet antara lain:
WWW (World Wide Web)
WWW (World Wide Web)
Istilah singkatnya adalah W3
(three doubleyou). WWW atau web adalah sebuah sistem di mana informasi dalam
bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet
webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext.
WWW
merupakan dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server
yang terdapat di seluruh dunia.Format WWW adalah hypertext dan
hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).
E-Mail
atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi
surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan
e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.
oleh mozilla
corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun
dengan Gecko layout engine. Firefox merupakan salah satu Browser yang
terpopuler saat ini Selain IE.
Internet
Explorer pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for
Windows 95 in 1995. untuk Windows 95 pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh
Microsof. Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8.
Opera adalah
Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company.
Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah
aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai
kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
Opera
versi terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite,
memungkinkan Anda untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, foto, dan
banyak lagi hal lainnya langsung dari browser.
6. Google Crome
Google
Chrome adalah sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang
menggunakan WebKit layout engine and application framework.
Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2
September 2008, dan publik adalah rilis stabil pada 11 Desember 2008.
Sumber
:
http://melekteknoup.blogspot.co.id/2014/12/sejarah-perkembangan-komputer-dari-masa.html
http://blog.dimensidata.com/macam-macam-dan-kegunaan-serta-fungsi-microsoft-office/
http://www.diwarta.com/2012/03/13/pengertian-aplikasi-internet-dan-contoh-aplikasinya.html
Sekian yang dapat Saya Rangkum dan saya sampaikan, Semoga bermanfaat bagi kalian. WASSALAM ;))))
Sekian yang dapat Saya Rangkum dan saya sampaikan, Semoga bermanfaat bagi kalian. WASSALAM ;))))
Tidak ada komentar:
Posting Komentar