TREND SIST/TI DALAM
BIDANG KESEHATAN.
· Perkembangan, Manfaat,
Peranan Komputer di Bidang Kedokteran
Perkembangan
Komputer dalam Bidang Kedokteran.
Perkembangan teknologi telah merubah
bagaimana cara kita hidup dan bekerja. Perkembangan teknologi informasi dunia
yang begitu pesat sekarang ini telah merambah ke berbagai sektor. Seiring
dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kita juga dituntut untuk dapat
memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut.
Pada kesempatan
ini, saya akan membahas mengenai perkembangan komputer khususnya di bidang
kesehatan. Akan sangat disayangkan jika perkembangan teknologi informasi dalam
dunia medis tidak ditingkatkan, karena secara otomatis dunia medis akan jauh
tertinggal dengan bidang-bidang lainnya, dimana dijaman sekarang ini setiap
bidang menggunakan komputer untuk membantu mereka beradaptasi dengan teknologi
yang semakin berkembang.
Perkembangan
Komputer di bidang Kedokteran semakin meranah maju di setiap Negara-negaran.
Dan Alat-alat pun yang digunakan sudah canggih, dengan menggunakan Gadget kita,
kita bisa mengetahui ciri-ciri penyakit yang sedang kita idap saat ini,
biasanya caranya mudah dengan Download APP di suatu Aplikasi Play Store atau
Apple Store. Ada lagi contohnya, alat Rontgen itu kan dengan menggunakan
Komputer kita bisa melihat penyakit pasiennya yang di idapnya, dan masih banyak
lainnya.
Sebagai contoh di
negara Amerika Serikat dan negara yang relatif maju baik dari sisi anggaran kesehatan
maupun teknologi informasi komputer, rumah sakit rata–rata menginvestasikan
anggarannya beberapa persen untuk teknologi informasi. Negara-negara yang tidak
memanfaatkan perkembangan teknologi informasi akan menjadi sangat tertinggal
dengan negara-negara lainnya.
Manfaat Komputer dalam Bidang
Kesehatan.
manfaat
dari penerapan komputer dalam bidang kesehatan di tiap-tiap aplikasinya antara
lain sebagai berikut :
- Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok
- Melihat dan menganalisa organ – organ tubuh bagian dalam manusia
- Memonitoring status pasien, merecord data pribadi pasien dan riwayat penyakit pasien
- Melakukan penelitian ilmiah yang diperlukan
- Memasukkan, menyimpan, menggelompokkan dan mengolah data – data secara cepat dan mudah
- Mendeteksi DNA seseorang
- Mengecek dan mengethaui hasil tes darah di laboratorium
- Sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan medis
Intinya, dengan adanya komputer dalam bidang kesehatan
sangatlah membantu. Kegiatan-kegiatan yang tadinya belum bisa dilakukan, saat
ini sudah dapat dilakukan dengan komputer. Penggunaan komputer membuat
pekerjaan seseorang menjadi lebih mudah, cepat dan akurat.
Peranan Komputer di Bidang Kedokteran.
Dalam bidang
kesehatan, komputer sangat berperan penting. Penggunaan komputer dalam bidang
kesehatan tidak hanya akan dirasakan manfaatnya oleh para penggunanya, tetapi
juga oleh organisasi tersebut, dalam hal ini misalnya rumah sakit, puskesmas,
klinik, dan lain sebagainya.
Komputer dapat
digunakan mulai dari penyimpanan dan pengolahan data administrasi suatu rumah
sakit atau klinik, hingga melakukan riset bidang kedokteran, mendiagnosis
penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia
bagian dalam yang sulit dilihat.
Peranan komputer dalam bidang kesehatan sangat banyak dan
penting. Sebagai contoh dalam bidang kesehatan peranan – peranan tersebut
antara lain :
- Bidang administrasi
Dengan adanya
komputer di dalam dunia administrasi sangat membantu di dalam penyimpanan,
pengelompokan, dan pengolahan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali
untuk memeriksa banyaknya data – data pasien, stok obat, dan data–data lainnya
yang dimiliki oleh rumah sakit. Namun dengan adanya komputer, memeriksa data–data
pasien, stok obat dan juga data keuangan rumah sakit akan mudah dan praktis
untuk dilakukan. Dengan adanya penggunaan komputer dan sistem–sistem yang
canggih di dalamnya sangat mempermudah jalannya suatu sistem di rumah sakit
tersebut.
- Bidang farmasi
Dalam bidang obat–obatan
komputer juga berperan sangat penting dalam farmasi, misalnya untuk merecord
resep dan dosis, serta menyimpan data harga obat–obatan tersebut. Selain itu,
dengan adanya komputer dalam bidang farmasi juga membantu untuk mengelompokkan
macam-macam obat berdasarkan kegunaannya, misalnya Panadol, Feminax, Ponstan
adalah obat penahan rasa sakit.
- Mendiagnosa suatu penyakit
Dengan adanya
komputer DNA yang sudah di rancang khusus di dalam bidang kesehatan mendiagnosa
suatu penyakit bukan hal yang sulit lagi, karena dengan menggunakan komputer
akan lebih cepat, mudah dan akurat untuk mengetahui nama dan jenis suatu
penyakit.
- Memonitoring status pasien
Pasien yang sudah
pernah datang atau baru pertama kali berobat akan dengan mudah dilacak. Data–data
personal pasien juga dengan mudah dilihat. Selain itu, dokter ataupun perawat
dapat melihat rekaman hasil periksa, keluhan dan riwayat penyakit sebelumnya
yang pernah diderita oleh si pasien, tanggal kedatangan pasien terakhir kali
berobat, record resep yang pernah diberikan, dan masih banyak lagi.
- Penelitian
Penelitian ilmiah
yang sering dilakukan dalam bidang kesehatan sangatlah bergantung pada
penggunaan komputer. Penggunaan komputer dapat memaksimalkan hasil penelitian,
karena dengan adanya komputer penelitian itu dapat di telusuri lebih dalam dan
lebih detail. Misalnya penelitian untuk mendeteksi bakteri atau virus baru, pendeteksian
DNA, dan lain sebagainya.
·
Pengertian Sistem E-Health
Berkembangnya teknologi informasi dan
komunikasi yang semakin pesat, sehingga mendorong adanya inovasi dan perubahan
yang melibatkan eksperimen dalam berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan
yang menerapkan penggunaan computer dalam kegiatannya atau yang biasa dikenal
dengan istilah E-Health.
E-Health atau Electronic Health adalah
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi termasuk pula elektronika,
telekomunikasi, computer dan informatika untuk memproses berbagai jenis
informasi kedokteran, guna melaksanakan pelayanan klinis (diagnose atau
terapi), administrasi serta pendidikan. Dalam E-health factor jarak tidak
dipersoalkan karena semua kegiatannya di lakukan melalui koneksi data dan
secara realtime.
·
Diagram
Sederhana System E-Health
Secara sederhana sistem E-Health terdiri atas sejumlah
“Stasiun Medis” yang satu sama lain dihubungkan dalam suatu jaringan (Network).
Suatu stasiun medis sendiri dapat terdiri atas :
- Komputer dengan perangkat lunak di dalamnya
- Sebuah perangkat antar-muka pasien
- Sejumlah instrument biomedika (tergantung keperluan)
- Sebuah perangkat antar-muka pengguna (berikut alat input output yang digunakan)
- Jaringan dan perangkat telekomunikasi yang tersedia.
Pada dasarnya setiap stasiun medis dapat berhubungan dengan
stasiun medis lainnya secara
- Real-time (secara sinkron), contohnya saat telekonsultasi antara dokter umum dan dokter spesialis mengenai kasus darurat seorang pasien.
- Store and forward, pengiriman informasi dan pembacaannya tidak pada saat yang sama, contohnya dalam penyampaian singkat jumlah rekapitulasi jumlah pasien di suatu puskesmas selama sebulan beserta informasi penting secara singkat.
·
Manfaat E-Health
Sistem E-Health ini
begitu bermanfaat bagi dunia kesehatan dan kedokteran saat ini, dikarenakan
untuk mengimbangi tingginya aktivitas dan penyampaian informasi secara detail
dan cepat memang memerlukan penerapan suatu teknologi berbasis komputerisasi,
berikut manfaat lain dari penerapan sistem E-Health dalam dunia kedokteran :
- Peningkatan efisiensi atau penurunan biaya.
- Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.
- Pembuktian diagnose melalui evaluasi ilmiah
- Pemberdayaan pasien dan konsumen
- Mendorong terjadinya hubungan yang lebih baik antara pasien dan tenaga kesehatan
- Pendidikan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat
- Mendorong tumbuhnya komunikasi dan pertukaran informasi antar lembaga pelayanan kesehatan
- Perluasan ruang lingkup pelayanan kesehatan.
·
Contoh
Peranan E-Health
Sistem Resep Elektronik
Merupakan sistem komputerisasi penulisan resep obat yang
juga dikenal dengan E-Prescription, dimana pada sistem ini dokter menuliskan
dan mengirimkan resep kepada bagian farmasi/apotek menggunakan media elektronik
menggantikan tulisan tangan dan penggunaan media kertas.
Sistem ini dibuat untuk menghindari terjadinya ROM (Reaksi
Obat Merugikan) yang biasa disebabkan oleh adanya kesalahan pemakaian obat
selama dalam penanganan tenaga kesehatan, yang sebenarnya hal ini dapat dicegah
apabila dilakukan dengan lebih teliti dan hati-hati.
Kesalahan tersebut dapat dibagi dalam 4 fase :
- Fase penulisan resep
- Fase pembacaan resep
- Fase penyiapan hingga penyerahan resep oleh petugas apotek
- Fase penggunaan obat oleh pasien
Cara Kerja Sistem Resep Elektronik
Resep elektronik ini terdiri atas perangkat keras dan
perangkat lunak, perangkat keras yang digunakan adalah computer dan perangkat
lunak yang digunakan adalah perangkat lunak resep elektronik dengan modul
pendeteksi ROM (Reaksi Obat Merugikan).
Satu computer digunakan sebagai server (pusat data). Server
tersebut dihubungkan dengan computer-komputer lainnya menggunakan hub pada LAN
(Local Area Network). Perangkat lunak hanya di instalasi di computer server
saja dan sistem ini dapat digunakan pada satu, dua atau banyak computer.
Perangkat lunak pada sistem resep elektronik pendeteksi ROM
ini secara sederhana mempunyai fungsi sebagai berikut :
- Mencatat semua data pasien yang dapat dengan mudah dicari kembali
- Menulis resep elektronik tanpa kertas dan dapat langsung dikirim ke apotek, sehingga pasien dapat langsung pergi ke apotek untuk ambil obat.
- Membantu bapak ibu dokter dalam menulis resep dengan memberikan informasi mengenai obat yang akan diresepkan dan mendeteksi apabila ada interaksi antara obat-obata tersebut dalam resep dengan memberi peringatan sebelum obat dikirimkan ke apotek.
- Mencatat data penggunaan obat
- Membuat laporan dengan lebih cepat dan mudah
Dengan adanya sistem seperti ini sebenarnya akan sangat
memudahkan seorang dokter dalam bekerja dan menghindari terjadinya kesalahan
dalam pemberian suatu resep yang dapat menimbulkan kerugian pada pasien,
sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan.
·
BioInformatika
Apa itu Bioinformatika ? Bioinformatika
adalah (ilmu yang mempelajari) penerapan teknik komputasional untuk mengelola
dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan
metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan
masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam
amino serta informasi yang berkaitan dengannya.
Sejarah
Istilah bioinformatics
mulai dikemukakan pada pertengahan era 1980-an untuk mengacu pada penerapan
komputer dalam biologi. Namun demikian, penerapan bidang-bidang dalam
bioinformatika (seperti pembuatan basis data dan pengembangan algoritma untuk
analisis sekuens biologis) sudah dilakukan sejak tahun 1960-an.
Penemuan teknik sekuensing
DNA yang lebih cepat pada pertengahan 1970-an menjadi landasan terjadinya
ledakan jumlah sekuens DNA yang berhasil diungkapkan pada 1980-an dan 1990-an,
menjadi salah satu pembuka jalan bagi proyek-proyek pengungkapan genom,
meningkatkan kebutuhan akan pengelolaan dan analisis sekuens, dan pada akhirnya
menyebabkan lahirnya bioinformatika.
Bidang-bidang
yang terkait dengan BioInformatika
1.
Genomics
Adalah
bidang ilmu yang ada sebelum selesainya sekuen genom, kecuali dalam bentuk yang
paling kasar. Genomics adalah setiap usaha untuk menganalisa atau membandingkan
seluruh komplemen genetik dari satu spesies atau lebih.
2.
Informatika Medis
Sebagai
pembelajaran, penemuan, dan implementasi dari struktur dan algoritma untuk
meningkatkan komunikasi, pengertian, dan manajemen informasi medis
3.Komputasional
Biologi
Bidang
ini fokus pada Computational Biology adalah gerak evolusi, populasi, dan
biologi teoritis dari pada biomedis dalam molekul dan sel.
4.
Proteomics
Bidang
ini menggunakan bioinformatika untuk menyelidiki protein yang tersusun oleh
genomika
5.Biofisika
Merupakan
sebuah bidang berdasarkan teknik-teknik dari ilmu fisika untuk memahami
struktur dan ilmu biologi. Ilmu ini terkait dengan bioinformatika karena untuk
mengenal teknik-teknik dari ilmu fisika untuk memahami struktur tersebut
membutuhkan penggunaan TI.
TREND SIST/TI DALAM BIDANG
MEDIA / NEW MEDIA
·
Manfaat
Media.
Manfaat new media
- Bidang Sosial
dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat
misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat
seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan
menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan
semua user dibelahan dunia manapun.
- Bidang Industri/Dagang
dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin
menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk
membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang
dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui
facebook, twitter atau kaskus.
- Bidang Pendidikan
dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun
pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine
kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas
email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar
informasi.
- Bidang Lowongan Kerja
dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup
searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes
masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke
kantor.
Manfaat
Media dalam sistem atau Teknik Informatika sangat penting sekali, sebab dapat
memudahkan Manusia mendapatkan Wawasan atau Berita yang begitu Fenomenal atau
sedang Booming di negaranya maupun di Internasional, sebenarnya Manfaat Media
sangat banyak sekali.
·
Tantangan
New Media
1. Market
Perusahaan tidak cukup menyandarkan
segmentasi dari satu atau dua kriteria saja, tetapi harus lebih dalam. Misalnya
ke segi life style, hobi dll. Anda harus mampu memetakan target market sambil
memperhatikan misi yang ingin dicapai perusahaan.
2. Message
Perusahaan sudah tidak bisa lagi
mendikte konsumen karena zamannya sudah user generate content. Makanya, sebelum
mendeklarasikan sebuah pesan, perusahaan harus mengubah mindset dulu.
Perhatikan siapa audiens anda. Lihat kultur budaya konsumen, psikologis,
perilaku umur, dsb.
3. Channel
Perusahaan harus mampu memilih
channel yang sesuai tipikal konsumen. Misalnya Pinterest cocok untuk Ladies,
atau Twitter untuk Geek (dalam arti positif). Perlu diingat bahwa promosi
yang baik adalah yang bisa melibatkan konsumen. Misalnya mengajak mereka untuk
tweet atau sekedar menulis opini di Facebook.
4.
Media
Masih berhubungan dengan channel,
media lebih ke fungsi dari channel. Contohnya jejaring sosial selain untuk
chatting sering dimanfaatkan pula untuk campaign, bahkan tidak sedikit yang
menggunakannya untuk customer service. Apapun medianya, fokus pada target
market Anda. Pelajari pelaku mereka, kemudian pilih media yang sesuai.
5.
Money
Umumnya perusahaan mengacu pada
presentase yang dijatah untuk anggaran budget promosi. Banyak promosi yang
gagal karena budget yang terlalu ketat. Padahal tidak harus begitu jika
perusahaan mematuhi langkah yang benar dalam menyusun budget.
Yaitu tentukan dulu objek yang ingin dicapai, dan dengan cara apa kita
menggapainya, barulah kemudian budget dianggarkan.
6.
Measurement
Hal yang paling complicated untuk
diukur adalah promosi. Karena variabel yang diuji cukup banyak. Bila promosi
diberlakukan untuk jangka pendek seperti trade promo, maka mengukurnya tidak
sesulit promosi jangka panjang. Bila ditujukan untuk jangka panjang seperti
meraih awareness, top of mind, dll, tentu banyak sisi yang harus
dipertimbangkan. Maka yang paling mudah untuk mengukur efektivitas promosi ini
adalah dengan media digital. Misalnya ketika Anda ingin meraih brand awareness,
cara mengukurnya adalah melihat jumlah user yang membicarakan brand Anda di
media sosial atau forum online hingga ada yang rela menjadi influencer. Dari
situ sudah terlihat, apakah upaya promosi Anda berhasil atau tidak.
·
Elemen Media
1. Teks. Merupakan elemen
multimedia yang menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks
adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang
paling kecil. Biasanya dihasilkan oleh program pengolah kata dan merupakan
informasi yang utama pada sebagian besar multimedia. Teks memegang peranan
dasar dalam menyusun dokumen, karena hamper seluruh aplikasi multimedia menggunakan
teks sebagai alat presentasi informasi yang paling sesuai untuk mendeskripsikan
suatu nama, definisi atau aturan.
2. Gambar. Adanya gambar dalam
multimedia, penyampaian informasi akan menjadi semakin efektif dan bermanfaat,
terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Gambar dapat
dibagi menjadi tiga katagori :
1.
Gambar dari
dunia nyata : lukisan, scanning foto
2. Gambar dari dunia maya : dibuat dengan program aditor
3. Gambar gabungan dunia
nyata dan dunia maya
3. Suara
(Audio). Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa suara. Suara terbagi menjadi tiga
kategori :
1. Ucapan (speech)
: suara orang berbicara
2. Musik (music) :
suara yang dihasilkan oleh alat music
3. Efek suara (sound
effect) : suara yang dibuat untuk menciptakan kesan atau kejadian, seperti
suara tembakan, halilintar, gelas pecah, dll.
4. Video. Merupakan gabungan
elemen multimedia yang lengkap karena menggabungkan semua elemen multimedia
yanga ada untuk menyajikan informasi video menggunakan system animasi yang
diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file dan format
tertentu.
5. Animasi. Animasi mengacu pada gambar-gambar yang
bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan frame-frame
(bingkai-bingkai) gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan.
Animasi dapat dibagi ke dalam dua katagori :
1. Animasi buatan.
Animasi yang dihasilkan oleh manusia melalui bantuan program komputer.
2.
Animasi video. Animasi yang dihasilkan melalui rekaman
·
Contoh Kasus (SEO)
- New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi – New Media adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya (setidaknya untuk sekarang) internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah “media baru” tidak akan “baru” lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.
- New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software – Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan komputer-berbasis pengiriman melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi media dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll .
- New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak – “Media Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi itu. “tua” Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan “baru” Data adalah data numerik komputer ini terus keluar dari tombol “kreatif” keputusan, dan didelegasikan kepada posisi teknisi.. ” misalnya Dalam film, perangkat lunak digunakan di beberapa daerah produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi komputer.
- New Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Baru Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi – “Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali dua atau tiga kali … Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna itu tidak akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial, sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. “
SUMBER
:
https://andikaferianblog.wordpress.com/penerapan-komputer-dalam-bidang-kesehatan/
https://boedimanagoes.wordpress.com/2014/09/25/sistem-e-health-dalam-bidang-kesehatan/
{“http://youvanfondiansa.blogspot.co.id/2015/07/sebelum-membahas-bioinformatika.html”}
{https://dhennyrinaldy12.wordpress.com/2015/03/22/definisi-new-media-terbaru-beserta-contoh-dan-kasus/}
http://mebiso.com/6-tantangan-ketika-berpromosi-di-new-media/
http://santiekawati.blogspot.co.id/2012/10/elemen-elemen-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar