Kamis, 18 Mei 2017

PERBANDINGAN 3 FRAMEWORK dari COBIT, ITIL, dan ASL




Perbandingan dari 3 FRAMEWORK yaitu yang saya Bandingkan ialah COBIT vs ITIL dan yang terakhir vs ASL dalam Manajemen Layanan SI.

Disini Saya akan membandingkan atau Perbandingan dari FRAMEWORK yang dibawah ini dalam Manajemen Layanan Sistem Informasi, langsung saja saya jabarkan satu persatu Perbandingannya , tetapi sebelum saya jabarkan Perbandingannya satu persatu, saya akan menjelaskan dahulu dalam satu persatu. Dibawah ini, sebagai berikut:
COBIT  disini yang saya menjelaskan dahulu apa itu COBIT, COBIT ialah kepanjangan dari Control Objective for Information Related Tecnology, yang merupakan yang diciptakan untuk menyediakan sebuah kumpulan dari model-model secara detail dengan spesifikasi untuk Teknlogi Informasinya yaitu salah satu nya ialah IT governance. Tujuan dari COBIT ialah sebagai Pengendalian dalam sebuah Informasi maupun Teknologi yang saling terkait, yang terbuka untuk pengendalian terhadap teknologi informasi. Cobit pertama kali dipubliksikam pada bulan April pada tahun 1996.

 Kemudian ada, ITIL, disini saya akan menjelaskan apa itu ITIL, ITIL ialah kepanjangan dari The IT Infrastructure Library, yang merupakan salah satu dari sebuah FrameWork dari Manajemen Layanan SI, yang sebagai sebuah standar salah satu dari Perusahaan Industri sebagai pengembangan industri perangkat lunak di dunia. Standar ITIL yang berfokuskan kepada pelayanan customer, dan sama sekali tidak menyertakan proses penyelarasan strategi perusahaan terhadap strategi TI yang dikembangkan.
Selanjutnya ada, ASL, disini saya akan menjelaskan apa itu ASL, ASL ialah kepanjangan dari Aplikasi Layanan Perpustakaan adalah kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi.

Dibawah ini saya akan menjelaskan Perbedaan-perbedaan dari FrameWork yang sudah saya jelaskan diatas, Setelah saya menjelaskan apa itu COBIT, ITIL, dan ASL, Selajutnya saya akan menjelaskan perbandingan-perbandingan atau perbedaan-perbedaannya, sebagai berikut:

PERBANDINGAN COBIT dengan ITIL
ITIL sangat fokus kepada proses desain dan implementasi dari sebuah Teknologi Informasi-nya, serta pelayanan pelanggan (customer service), hal ini diperlihatkan bahwa hampir seluruh proses pada domain AI dan DS COBIT dilakukan, sementara sebagian proses PO dilakukan, ini menunjukkan bahwa ITIL tidak terlalu fokus pada proses penyelarasan strategi perusahaan dengan pengelolaan TI. Proses pada domain sama sekali tidak dilakukan oleh ITIL, hal ini menunjukkan ITIL tidak melakukan pengawasan yang akan memastikan kesesuaian pengelolaan TI dengan keadaan perusahaan di masa yang akan datang. ITIL menekankan siklus hidup layanan yang disediakan oleh Teknologi Informasi.

PERBANDINGAN ASL dengan ITIL
ASL erat terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan BiSL (Manajemen Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity Model (CMM). Kerangka ASL dikembangkan karena ITIL, oleh departemen infrastruktur TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada waktu itu, ITIL tidak memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan, pemeliharaan dan dukungan. versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas Pengembangan Aplikasi dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah menerbitkan sebuah kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar